Jurnal Refleksi Fasilitator MIIPB7 Materi 2

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Alhamdulillah minggu pertama dan kedua kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch 7 kelas Aceh Sumut telah terlaksana dengan baik dan lancar.

Materi kedua tentang bagaimana menjadi ibu profesional kebanggaan keluarga kali ini membuka wawasan baru bagi para matrikan. Bahwa menjadi ibu profesional bukanlah sebuah pilihan namun adalah menjadi kewajiban bagi semua ibu.

Kegiatan tanya jawab dan diskusi tentang Materi ini juga amat menarik, di Mana para matrikan amat bersemangat bertanya dan saya pun harus menggali ilmu lebih dalam dengan membaca berbagai artikel terkait dan bertanya pada sesama Fasilitator dan ibu juga ibu Peri, ibu Yani.

Nhw 2 Kali ini menugaskan para matrikan untuk membuat indikator Profesionalisme sebagai individu, sebagai istri, dan sebagai ibu dengan pendekatan metode SMART. Pada awalnya matrikan merasa bingung untuk membuatnya, namun setelah diskusi tanya jawab nhw2, alhamdulillah para matrikan mulai dapat memahami tugas yang dimaksud.

Malam hari beberapa jam setelah nhw2 didiskusikan ternyata Sudah Ada beberapa matrikan yang sudah memulainya sedari pagi, lalu menyempurnakannya setelah Tanya jawab nhw sehingga malam itu Saya Sudah menerima 5 buah nhw. Esok harinya bertambah menjadi 11 nhw. Jumlah ini tidak sebanyak saat nhw 1 sehari setelah diluncurkan, Saya rasa karena saat mengerjakan nhw 2 ini diperlukan komunikasi lebih dulu dengan suami dan anak mengenai apa saja yang membuat anak dan suami bahagia.

Namun saya bersyukur hasil nhw 2 yang dikumpulkan para matrikan cukup memuaskan. Sebagian besar Sudah memenuhi kriteria indikator SMART, bahkan tampilannya juga banyak yang kreatif.

Saya berharap ini menjadi awal yang baik untuk membentuk kebiasaan yang baik dimulai dengan membuat checklist indikator.

Beberapa Hari kemudian yang mengumpul nhw2 bertambah hingga sehari sebelum deadline ternyata masih Ada sekitar sepertiga kelas yang belum mengumpulkan. Sy berusaha menyelesaikan membaca dan memberi feedback selesai sebelum deadline. Hingga pagi Hari sebelum deadline Saya meminta bantuan pada wali kelas Dan perangkat kelas untuk membantu Saya mewapri para matrikan yang belum mengumpulkan, walau malam sebelumnya Sudah Saya japri via GC.

Hingga setelah deadline ternyata jumlah deadliner dan yang telat bertambah dari minggu lalu dengan berbagai sebab, Ada beberapa yang sedang sakit, sedang di luar kota sulit sinyal, hingga kendala motivasi pribadi.

Saya berharap semoga minggu depan lebih baik lagi, semua matrikan mengumpul nhw3 sebelum deadline. Aamiin..

#jurnalrefleksifasilmiipb7

#fasilitatormatrikulasi

#fasilmatrikulasiiip

#jrfmiipb7sesi(2)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s