Jurnal Refleksi Fasilitator MIIPB7 Materi 1

Jurnal Refleksi Fasilitator MIIPB7

Intan Sulistyosari

Materi 1 tentang Adab Menuntut Ilmu pada Kelas Matrikulasi Institut Ibu Professional Batch 7 telah disampaikan beserta cemilan dan Nice Homework (NHW) 1. Alhamdulillah penyampaian materi dan diskusi berjalan dengan lancar, antusias para matrikan terasa dari banyaknya pertanyaan yang diajukan sehingga Saya sebagai Fasilitator harus putar otak, belajar lebih banyak, menggali berbagai informasi yang mendukung terjawabnya pertanyaan dan tersampaikannya pesan dengan sebaik mungkin.

Pada 2 hari pertama diskusi dimulai pukul 21.30 hingga 22.30 wib. Walaupun kenyataannya selesai pada pukul 23.00 WIB. Para matrikan walaupun semangat, ternyata ada juga yang mengeluh jadwal terlalu malam. Setelah dijalani dan dipertimbangkan ulang maka dilakukan voting ulang agar didapat hasil jam diskusi yang lebih sesuai. Perangkat kelas lalu membantu voting ulang dan didapat jam diskusi baru pukul 21.00-22.00 WIB.

Pada saat diskusi Materi 1, Saya memperoleh 13 pertanyaan lebih yang beranak cucu. Saya jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan panjang lebar, walau sudah dikumpulkan di awal pertanyaannya dan sudah Saya siapkan jawabannya, ternyata waktu diskusi 1jam terasa amat cepat berlalu, sehingga diskusi dilakukan kembali keesokan pagi selama 1 jam. Saya berusaha menjawab dengan sepenuh hati, dengan harapan para matrikan juga sepenuh hati menyimak dan mengikuti matrikulasi dengan serius dan sepenuh hati juga.

Saat diskusi NHW 1, Saya memperoleh 12 pertanyaan dengan beberapa pertanyaan serupa. Untuk diskusi Kali ini, pertanyaan rata-rata peserta adalah maksud dari ilmu dari universitas kehidupan. Untuk menjawab pertanyaan ini, Saya kembali bertanya di kelas, apa saja ilmu di universitas kehidupan yang kalian ketahui? Silakan ungkapkan ide.. Awalnya masih ada satu dua matrikan menjawab dengan ragu yaitu ilmu pengasuhan, ilmu agama. Lalu Saya katakan banyak sekali cabang ilmu kehidupan, dengan satu dua contoh yaitu ilmu memasak dan fotografi, yang ternyata membuka luas pemahaman para matrikan, hingga tersebutlah berbagai macam ilmu kehidupan seperti ilmu parenting, ilmu nutrisi, ilmu videografi, blog, ilmu psikologi anak, ilmu craft, entrepreneurship, ilmu tahsin, ilmu tafsir, ilmu tajwid, Menjahit, desain baju, dan lainnya. Para matrikan baru tersadar banyaknya ilmu di sekitar Kita yang bisa Kita pilih untuk fokus 1 untuk dipelajari. Semakin spesifik ilmu tersebut Makin baik karena bisa lebih fokus untuk mempelajarinya.

Malam setelah diskusi NHW, masuk 4buah nhw disetorkan pada tengah malam. Hingga 1hari setelah itu ada 18 nhw telah dikumpulkan. Masyaa Allah Saya bersyukur dengan antusias para matrikan mengerjakan NHW. Saya langsung membaca semua NHW, dan Saya menemukan mereka mengerjakan NHW dengan bersungguh-sungguh. Uraiannya bagus-bagus.

Hari kedua setelah diskusi NHW Saya terima 15 nhw dikumoulkan. Saya kembali terkagum-kagum dengan tugas nhw matrikan yang menurut Saya bagus-bagus isinya.

Cabang ilmu yang dituliskan hampir semua matrikan yang mengumpulkan nhw sudah spesifik ilmunya. Beragam latar belakang sebab dan berbagai tujuan pencapaian tiap matrikan menjadikan Saya banyak belajar dari tulisan para matrikan. Alhamdulillah.. Bahkan beberapa cabang ilmu Saya belum pernah mendengarnya, seperti ilmu tahfidz dengan metode multisensori, ilmu fikih makanan, dan ilmu ketahanmalangan anak. Hebatnya beberapa matrikan menjelaskannya dengan sangat detail, dengan data yang akurat dan terukur serta rencana yang terkonsep rapi, bahkan Ada yang hingga berjumlah 13 halaman. Masyaa Allah..Tabaarakallaah..

Saya sungguh bersyukur mendapat pengalaman memfasilitasi matrikan untuk pertama kalinya ini Saya mendapat banyak ilmu. Benar-benar terasa learning by facilitatingnya..

Kalau dari Saya pribadi, Saya masih Ada sedikit kendala di jam online di sela-sela membersamai anak. Alhamdulillah diskusi saat anak sudah istirahat. Hanya untuk mengoreksi semua nhw, menyiapkan jawaban matrikan, dan belajar untuk materi berikutnya, Saya masih sering begadang. Saya harus mengevaluasi dan memperbaiki jadwal harian Saya agar lebih baik dan bisa istirahat cukup waktu.

Referensi lain yang Saya gunakan untuk memperdalam materi ini yaitu:

https://m.liputan6.com/tekno/read/2657683/11-langkah-memverifikasi-sumber-berita-di-internet

Semoga Allah meridhoi proses belajar kami, kami bisa memperbaiki proses belajar kami, Dan matrikan IIP Batch 7 kelas Aceh Sumut bisa lulus 100%.. aamiin ya Allah..

#jurnalrefleksifasilmiipb7

#fasilitatormatrikulasi

#fasilmatrikulasiiip

#jrfmiipb7sesi(1)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s