Jurnal Syukur 1 Fokus pada Cahaya Ananda

Hari 1, 12 Januari 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Hari Sabtu ini Saya berencana meneruskan kegiatan kemarin yang belum selesai, yaitu membuat lubang biopori di tanah halaman belakang rumah. Kegiatan ini terkendala saat menggali, Saya terhalang oleh akar pohon yang besar namun pohonnya sudah tidak ada, dan ada sampah karung plastik yang cukup besar di dalamnya.

Melihat Saya agak kesulitan menggali tanah, mas Ahsan sempat mengeluh:

“Ibuuuu, koq lama kali gali lubangnya?”

“Iya nak, ini ada akar besar dan karung plastik”, jawab Saya.

“Koq bisa ada akar kayu di dalam tanah,bu?”

“Iya, dulu pernah ada pohon, tapi sekarang pohonnya udah ngga Ada”,

“Koq udah ngga Ada, kemana pohonnya bu?”

“Pohonnya sudah ditebang,”

“Kapan ditebangnya? Tahun berapa?”

Hmm…Saya sempat berpikir kapan saya mulai menempati rumah ini.

“Tahun 2011 nak, hayo ahsan inget nggak?” Saya cuma mengetes saja..hehe

” Tahun 2011 ya, Kan Ahsan belum lahir. Ahsan Kan lahir tahun 2013 bu,”jawabnya yakin.

“Oiya ya,..betul nak, waktu itu ibu pindah kesini, kamu belum lahir”, ternyata mas Ahsan teliti.

Lalu ia bertanya lagi,

“Jadi ibu masi lama gali tanah?”

“Iya, gimana nihhh bantuin ibu dong,” jawab Saya.

“Akarnya dipotong aja bu,” jawab mas Ahsan.

“Gimana caranya? Akarnya kan keras”, jawab Saya.

” Gimana ya..? Oiya tanya bapak dulu ya..,” tiba-tiba mas Ahsan sudah berlari meninggalkan Saya.

Terdengar bapak bilang,

“Pakai gergaji aja..”

Oiya Saya baru inget Ada gergaji. Alhamdulillah..jadi lebih mudah memotong akar pohon yang menghalangi penggalian lubang biopori.

Sebenarnya kami mulai belajar menerapkan rumah minim sampah, dimulai dari memilah jenis sampah.

Ada tiga tempat sampah Saya sediakan, untuk sampah plastik, kertas, dan sampah dapur. Mas Ahsan antusias mendukung kegiatan ini, setiap ia menemukan sampah di rumah, ia langsung memasukkan ke tempat sampah tersedia sesuai jenisnya. Tak jarang juga ia bertanya dulu:

“Ibu ini plastik atau kertas?”

“Plastik nak”, jawab Saya.

Ia pun mulai mengerti mana jenis-jenis bahan sampah.

Alhamdulillah..

#Fitrah-Home based Education
#Training.Calon.Fasil.MIIP#7
#Ibu.Mendidik.dengan.Nurani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s