Review Diskusi 6 Fitrah Seksualitas

Bismillaahirrahmaanirrahiim..

❀Tantangan 10 hari kelas bunda sayang level 11 ❀️

🌈 *Fitrah Seksualitas* 🌈

Hari 6

l

Pertanyaan Bunda Maria:

Bagaimana kita menjawab petanyaan ” ade bayi itu darimana?” Terimakasih

Jawaban bunda Felicia : Sebelum menjawab, kita tanya dulu latar belakang dia tanya itu..

Karna bisa jadi saat kita menjelaskan dari ovum sampe sperma, tau2 yang dia maksud adalah : “karna kakak lana dari jakarta, adek bayi dari mana” πŸ˜†
Setelah memang yang dia maksud itu ada asal bayi yang juga kita maksud, baru kita jelaskan.

Kita beri tahu bahwa “bayi itu berasal dari perut ibu”.

Cukup sampai disitu dulu,
Kalau anak bertanya lagi, baru kita jelaskan. Jadi tidak perlu terburu-buru menjelaskan, kita pakai ilmu mengosongkan gelas.

Nah kalu dia bertanya lagi, baru deh kita jelaskan bahwa setiap ibu punya telur, seperti telur bebek dan telur ayam, tapi ada didalam perut ibu. Saat telur ibu bertemu dengan telur ayah, Allah tiupkan ruh, jadilah bayi di perut ibu. Dsb

Jadi, kalau ditanya
1. Tenang
2. Tanya Balik
3. Tegas menjelaskan, tidak perlu melebar kemana2
4. Kaitkan ke agama

Jawaban bunda Ika :

yang kadang suka terlupa adalah, mengunci dengan agama setiap kita diskusi dengan anak-anak ya. saat diskusi terbuka, kesempatan kita untuk memasukkan nilai-nilai kebaikan.

tadi pagi, saya menemukan buku ensiklo terkenal dan buku komik yang dibawa salah satu siswa di sekolah, saya pinjam karena kepo isinya. beberapa anak kalau baca buku itu pada ketawa2. bertanya pada teman sebelahnya dengan berbisik, ini apa? kok ini begini bentuknya dll dsb.
ternyata, gambar yang ditampilkan di buku itu betul2 terbuka tanpa diburamkan (karena mungkn memang buku sains/ensiklo ya). daan komik itu yaaa, vulgar banget. judulnya ttg makanan, tapi kok isinyaaa…πŸ™ˆ

anak2 mendapatkan pengetahuan itu tak hanya dari kita, temannya atau sekolah, buku yang kita belikan juga menjadi salah satunya. yang berbahaya adalah bila tak ada pendampingan sama sekali ya.

baiknya memang saat membelikan anak buku, kita harus tahu isinya dulu baru meng iya kan. saya rasa kalau ortu anak itu ga tau ttg isi buku nya. kalau ortunya tau, pasti ga akan membelikan buku itu u anaknya.

#curhatπŸ™ˆπŸ˜¬

Pertanyaan bunda Atika :

Assalamualaikum saya punya keponakan umur 11 tahun dan payudaranya sudah mulai terlihat tapi dia belum mau pakai miniset. Alasannya risih dan malu kalo teman temannya tau. Kira kira itu gimana ya?

Jawaban bunda Felicia:

Waalaikumsalam Bun..

Bun, sambil dicarikan alternatif miniset yang putih polos, dan dijelaskan fungsinya sebagai pelindung milik kita yang berharga, mungkin perlu lagi kita ulang-ulang menjelaskan ke keponakan mengenai tanda-tanda baligh : perubahan bentuk tubuh, menstruasi dll.

Yang mana proses itu semua alami, dan akan dialami semua anak perempuan. Jadi sebaiknya ga perlu malu.

Dan jangan lupa, kaitkan juga dengan konsekuensi agama, kalau sudah baligh sholat mesti rajin dsb.

Semoga menjawab ya bun.. Barangkalo yamg lain ada yg mau menambahkan silahkan hehe

Pertanyaan bunda Sri Dirga:

Aslkm. Saya mau nanya. Kalo kita punya anak yg ada laki dan perempuan. Misal si abg melihat adeknya menyusui. Nah itu sampe umur brp.kita boleh menyusui adeknya didepan abngnya. Dan sebaliknya?Trus anak usia brp yg anaknya gak boleh lihat ibunya berpakaian. Soalnya tantangan skrg bnyk jg yg berpakaian didepan anknya atau ponakannya. Bhkn lumayan fulgar bisa trlihat ank2 kecil? Saya ja yg dewasa lgsg keluar.

Jawaban bunda Felicia:

Waalaikumsalam.. Mba Dirga, menurut Abah Rama kalau ga salah, atau Ust Harry.. Anak umur 3th, perempuan, sudah ga boleh dicebokin oleh bapaknya lagi. Begitu pula sebaliknya.

Jadi kalau kami sepakat untuk urusan aurat ini sebaiknya start dari usia 3th juga, terlebuh di usia mumayyiz

Label:
Ibu Profesional
Bunda Sayang
Level 11
Tantangan 10 Hari

#Tantangan10Hari
#Level11
#KuliahBunsayIIP
#FitrahSeksualitas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s