Kisah Penggembala yang Jujur

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalaamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh 😊

πŸ’• Tantangan 10 hari kelas bunda sayang level 10 Hari 1 πŸ’•

🌈 Membangun karakter anak melalui dongeng 🌈

Alhamdulillah sudah memasuki bulan ke 10 kelas Bunda Sayang dengan tema Mendongeng. Ada ilmu baru yang Saya sedang pelajari. Bahwa menanamkan nilai-nilai positif pada Anak melalui cerita dongeng. Sebenarnya Saya belum terbiasa mendongeng cerita fiktif, sehingga pada game Kali ini saya akan awali dengan mendongeng menggunakan buku, yaitu dengan membacakan kisah dalam buku. Sambil perlahan Saya akan melatih diri Saya agar bisa belajar berimprovisasi lebih kreatif dalam mendongeng.

Sebelum mas Ahsan dan adik Razka tidur, Saya mengajak mereka membaca sebuah cerita dalam buku berjudul Aqidah. Salah satu hal yang menarik dari buku ini adalah gambar yang Ada di dalamnya amat menarik. Pada awalnya Saya membacakan buku per kalimat. Namun, rasanya bahasa dalam buku tersebut terlalu kaku. Ada beberapa istilah yang masih terasa asing bagi mas Ahsan. Lalu Saya mencoba menceritakan kembali menggunakan bahasa Saya sendiri.

Ceritanya mengenai seorang penggembala yang jujur. Suatu ketika, sahabat Rasulullah yaitu Umar bin Khatab berjumpa dengan seorang penggembala muda. Umar menawar akan membeli seekor domba peliharaannya yang gemuk. Sang penggembala menolak menjual tanpa seijin dari majikannya. Umar pun mengujinya dengan mengatakan kalau bisa saja ia membohongi majikannya kalau dombanya mati karena sakit. Namun si penggembala muda tersebut menolaknya. Ia berkata, walaupun sang majikannya tidak mengetahui jika ia berbohong, namun Allah Maha Mengetahui. Ia takut akan dihukum oleh Allah jika ia berbohong. Umar pun terkagung-kagum dengan penggembala muda tersebut. Umar segera menghubungi majikan penggembala tersebut, lalu membeli semua dombanya, membebaskan penggembala muda tersebut sebagai budak dan memberinya beberapa ekor domba.

Nilai cerita dalam dongeng ini adalah nilai kejujuran yang utama Kita pegang karena Allah Maha Mengetahui. Apapun yang Kita lakukan Allah mengetahui, maka hindarilah berkata Dan bertindak tidak jujur.

Alhamdulillah mas Ahsan tertarik dan mengerti maksud cerita tersebut. Ia pun minta didongengi lagi esok hari..

Salam semangat,

Ibu pembelajar πŸ’ͺ πŸ˜‰

Intan Sulistyosari

label:
Ibu Profesional
Bunda Sayang
Level 10
Tantangan 10 Hari

#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s