Mas Ahsan Loves Math

Bismillahirrohmaanirrohiim.. ❤GAME LEVEL 6

Hari 1

*I Love Math, Math Around Us*

Assalaamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh😊

Alhamdulillah sudah waktunya memulai game level 6. Saya semangat untuk memulainya karena partner game saya yaitu mas Ahsan sangat menggemari angka dan berhitung.

Hari ini saya sedang ada project craft menggunakan tusuk sate. Seperti biasanya mas Ahsan menemani saya bebikinan sambil memainkan bahan-bahan dan alat-alat yang saya gunakan.

Kebetulan saat mas Ahsan memainkan beberapa tusuk sate sebagai bahan craft, saya teringat game tantangan 10 hari kelas Bunda Sayang yang temanya tentang “I Love Math, Math Around Us”. Jadilah kami bermain matematika dengan menggunakan tusuk sate.

Pertama saya mengambil acak beberapa tusuk sate dan mengelompokkan menjadi tiga kelompok. Saya meminta mas Ahsan menghitung jumlah tusuk sate pada masing-masing kelompok.

Mas Ahsan dengan semangat mulai menghitung. Mas Ahsan lebih suka berhitung dengan menggunakan bahasa Inggris.

Two, four, three..”, jawab mas Ahsan dengan semangat dan jawabannya tepat.

Lalu saya memintanya untuk menjumlahkannya semua.

One, two, three, four, five, six, seven, eight, nine.. ada nine..”, jawabnya lagi dengan yakin. Ya, mas Ahsan benar menjumlahkannya.

Lalu kami mencoba beberapa kali penjumlahan hingga angka 20. Mas Ahsan berhasil menyelesaikannya.

Selanjutnya saya teringat bangun geometri bisa disusun dengan menggunakan tusuk sate.

Satu tusuk sate menjadi satu garis. Dua tusuk sate menjadi dua garis. Tiga tusuk sate bisa disusun menjadi segitiga. Empat tusuk sate bisa disusun menjadi segi empat. Lima tusuk sate bisa disusun menjadi segi lima. Enam tusuk sate bisa disusun menjadi segi enam.

Mas Ahsan sangat bersemangat ikut menyusun bagun datar. Ia juga yang bersemangat bertanya setelah segi empat kalau ditambah lagi menjadi apa, tanyanya pada saya.

Pertanyaan mas Ahsan selanjutnya bagaimana cara membuat gambar rumah? Kami pun mulai menyusunnya daritusuk sate. Pada bagian rumah saya bisa menjelaskan ada bangun datar segitiga, segi empat, dan jajar genjang di dalamnya.

Lalu mas Ahsan bertanya lagi, bagaimana membuat mobil? Hehe..saya putar otak.. oke kami susun kembali. Pada bagian roda, saya mengambil dua buah lakban untuk menjelaskan mas Ahsan bentuk lingkaran yang bisa dijadikan roda pada mobil. Mas Ahsan sangat senang dan bersemangat mencari ide bangun datar yang bisa disusun dari tusuk sate.

Masya Allah.Tabarakallah… Semoga mas Ahsan bisa mengambil manfaat dari bermain tusuk sate untuk menambah kecerdasan logika matematikanya dan mas Ahsan semakin semangat mencari ilmu.. aamiin..

Salam semangat 💪😊

Intan Sulistyosari,

Ibu pembelajar

label:
IIP
KuliahBunsay
ILoveMath
MathAroundUs

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s