Pohon Literasi Ahsan

Bismillahirrohmaanirrohiim.. โคGAME LEVEL 5 โค

Hari 1

*Pohon Literasi*

Assalaamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh๐Ÿ˜Š

Alhamdulillah Kelas Bunda Sayang Institut Ibu Profesional sudah mulai masuk bulan kelima.๐Ÿ˜€ Kali ini materinya mengenai menumbuhkan minat membaca pada anak. Saya amat bersemangat untuk mendalami materi ini karena membaca adalah salah satu modal penting dalam belajar.

Tantangan 10 hari kali ini adalah membuat pohon literasi. Maksudnya adalah pohon yang daunnya bertuliskan judul-judul buku yang telah kita baca. Tantangan ini bisa makin memotivasi saya dan Mas Ahsan untuk makin sering membaca.

Pada awalnya saya mencari referensi beberapa ide dari media sosial Pinterest. Banyak sekali ide yang menarik dan bisa digali. Mulai dari pohon gambar 2 dimensi hingga pohon 3 dimensi. Semua ada.

Pada awalnya saya berencana membuat pohon literasi menggunakan kardus bekas, kertas warna, pensil, lem, dan gunting. Rencananya pohon itu bisa berdiri sendiri. Namun sayangnya sejak awal proses pembuatan, Mas Ahsan tampak kurang bersemangat dan kurang berminat. Hingga akhirnya pohon yang setengah jadi tersebut dengan berat hati saya “pensiunkan” sebelum bertugas. Bentuknya seperti gambar di bawah ini.

Saya tidak boleh menyerah niy. Saya harus cari ide lain agar pohon literasi Mas Ahsan adalah hal yang menyenangkan baginya. Agar kami sama-sama terlibat menyuburkan pohon tersebut. Saat saya tanya Mas Ahsan mau bikin apa, jawabnya parkiran mobil. Hehe..๐Ÿ˜

Akhirnya kami wujudkan parkiran mobil dan pohon literasi Mas Ahsan di pinggir parkiran mobil tersebut.

Untuk membuat parkiran mobil, kami menggunakan kotak bekas, kertas warna warni, lem, pensil, penggaris, dan gunting. Cara membuatnya yaitu kotak diukur dengan penggaris pola parkiran mobil-mobilan yang akan dibuat. Lalu batas-batas mobil ditempeli dengan kertas warna.

Selama proses membuat parkiran ini Mas Ahsan amat bersemangat dan tidak sabar. Mas Ahsan langsung mengambil beberapa mobil-mobilannya untuk parkir di tempatnya masing-masing.๐Ÿ˜€

Untuk membuat pohonnya, kami menggunakan plastik mika, kertas warna, spidol permanen, gunting, dan selotip. Awalnya plastik mika digambar pola ranting pohon yang banyak, pola tersebut digunting, lalu kertas warna cokelat ditempelkan pada mika dan mika digulung. Bagian ujungnya diselotip. Bagian atas ranting pohon diatur agar bisa menjuntai. Pola daun digambar di kertas berwarna.

Mas Ahsan terlihat sangat puas dan gembira. Alhamdulillah..

Kami menjadwalkan membaca minimal dua kali sehari, yaitu jam 9 pagi dan malam hari sebelum tidur. Apabila di luar waktu tersebut ingin membaca buku boleh saja, malah bagus kan. ๐Ÿ˜Š

Untuk menumbuhkan daun pertama pada pohon literasi Mas Ahsan kali ini Mas Ahsan memulainya dengan membaca buku berjudul “Cars 2, Aktivitas Kecerdasan Logika” pada pagi hari. Buku ini sebenarnya sudah sering kami baca bersama. Isinya mengenai soal-soal asah otak serta teka-teki bergambar. Mas Ahsan amat menyukai bidang otomotif, termasuk salah satunya karakter yang ada di film Cars. Hampir semua pertanyaan di buku itu Mas Ahsan hafal jawabannya. Sebenarnya Mas Ahsan belum lancar membaca. Ia hafal beberapa huruf namun belum bisa untuk merangkaikannya. Saya yang membacakan tulisan di buku itu biasanya.

Berbeda dengan angka, Mas Ahsan amat menyukai membaca angka. Salah satu hal yang menarik bagi Mas Ahsan adalah membaca halaman buku. Ia membuka buku dari depan lalu menyebutkan angka halaman buku tiap lembar. Ia lebih suka membaca angka dengan menggunakan Bahasa Inggris. Untuk buku yang pertama ini ada 64 halaman dan Mas Ahsan berhasil membaca nomor halaman 1 sampai 64 dengan Bahasa Inggris.๐Ÿ˜€ Setelah membaca buku itu, kami menempel daun pertama di pohon literasi Mas Ahsan. Mas Ahsan memilih warna merah, warna kesukaannya.

Buku kedua hari ini berjudul “Mommy & Me Crafts”. Mas Ahsan membaca buku ini saat malam hari sebelum tidur. Tiba-tiba ia teringat akan membuat topeng hewan-hewan lucu yang akan kami buat kapan-kapan. Mas Ahsan membuka buku halaman 8 hingga 11. Kami besok berencana akan membuatnya. Kami menempel daun literasi kedua berwarna hijau.

Masya Allah. Tabarakallah. Semoga besok Mas Ahsan makin rajin membaca ilmu-ilmu yang bermanfaat, serta menghasilkan karya yang bermanfaat bagi umat. Aamiin.

Salam semangat ๐Ÿ’ช๐Ÿ˜Š

Intan Sulistyosari,

Ibu pembelajar

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s