Memahami Gaya Belajar Anak, Menyusun Lintasan Kereta Api

Bismillahirrohmaanirrohiim.. ❀GAME LEVEL 4 ❀

Hari 8

*Gaya Belajar Anak*

Assalaamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh😊

Cerita saya kali ini adalah cerita tentang kesukaaan lain Mas Ahsan akan kereta api. Pagi tadi Mas Ahsan ia ingin bermain kereta api ICE miliknya. Setelah membongkar mainan kereta api dari kotaknya, ternyata ia lalu mengambil buku panduan menyusun lintasan rel kereta api.

Berbeda dari biasanya, jika sebelum-sebelumnya ia menyusun lintasan kereta api berbentuk angka 8,namun kali ini Mas Ahsan ingin lintasan kereta api tidak menggunakan palang di tengahnya.

Saya pun menyemangatinya. Saya sedang mengASI adik Razka, sehingga saya katakan pada Mas Ahsan kalau ia pasang relnya, nanti saya akan pandu. Mas Ahsan pun menurut.

Ia berhasil menyusun lintasan kereta api miliknya. Lalu ia minta bantuan saya untuk memasang roda kereta pi di lintasan. Ia mengambil remote control dan keretanya melaju dengan cepat.

Tiba-tiba Mas Ahsan teringat akan mainan Thomasnya.😁 Mas Ahsan meletakkan mainan kereta Thomas di lintasan kereta api lalu menggerakkannya mengikuti laju kereta api ICE yang bergerak cepat. Suara kereta Thomas pada rel yang tidak sesuai terdengar agak nyaring, lalu Mas Ahsan bertanya pada saya kepada saya bagaimana caranya Thomas bisa jalan di rel itu. Saya pun menjawabnya kalau rel itu ukurannya berbeda dengan ukuran roda Thomas.

Mas Ahsanpun lalu lanjut memainkan kereta api ICE dengan remotenya. Kerrta api berjalan maju, mundur, berhenti, terkadang ia buat rel sedikit menanjak. Hingga ia merasa sudah cukup puas ia bermain kereta api. Lalu Mas Ahsan mengajak saya membereskan mainan keretanya.

Saya mengajaknya menghitung jumlah rel kereta api sambil menyusunnya ke dalam kotak. Ia pun semangat melakukannya.

Pada kegiatan bermain kereta api kali ini saya meperhatikan Mas Ahsan amat menyukai sesuatu yang bergerak cepat dan dinamis. Ia memegang mainan kereta Thomas dan mampu mengikuti gerak cepat kereta mainan ICE. Mas Ahsan suka bergerak menandakan ia senang belajar sambil bergerak seperti ciri anak dengan gaya belajar kinestetik.

Mas Ahsan mempelajari jalur rel kereta pada buku panduan. Namun ia lebih senang diberi panduan suara oleh saya saat ia akan menyusun rel kereta yang dikehendakinya. Ia pun dapat mengikuti instruksi suara dengan baik. Saya rasa ini ada ciri pembelajar audio dalam dirinya.

Semoga Mas Ahsan selalu semangat menjadi pembelajar yang aktif. Masya Allah.Tabarakallah..😊

Salam semangat πŸ’ͺ😊

Intan Sulistyosari,

Ibu pembelajar

#harike8 #Tantangan10hari #GameLevel4 #GayaBelajarAnak #kuliahBunSayIIP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s