Menjadi Manajer Offline Ibu Profesional Batam Tempatku Membangun Peradaban

Bismillaahirrohmaanirrohiim..

Assalaamu’alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.. Salam sejahtera untuk semua..πŸ˜ŠπŸ™

Tulisan ini saya dedikasikan untuk Nicehomework (NHW #10) materi sesi 10 Kelas Matrikulasi Kordinator Tambahan A yaitu Membangun Komunitas Membangun Peradaban.

Saya mengenal IIP melalui Facebook sekitar awal 2017 dan akhirnya bisa mengikuti Kelas Matrikulasi Batch 4 pada bulan Mei 2017. Banyak sekali materi pelajaran baru yang saya peroleh. Terutama mengenai mengenal diri, membuat visi dan misi diri, visi dan misi keluarga, hingga menyadari bahwa kita hidup berkomunitas ibu-ibu yang memiliki pandangan dan arah tujuan yang sama, yaitu ingin membangun peradaban Indonesia yang lebih baik.

Setelah lulus matrikulasi, saya mulai mengenali pengurus Ibu Profesional Batam, yaitu Ibu Erli Oktania Susanti sebagai Kordinator Wilayah Batam dan Kepulauan Riau. Pada awalnya saat bulan Oktober 2018 saya mengajukan diri untuk menjadi Penanggung Jawab Rumah Belajar Bisnis, menjadi bagian dari Divisi Offline Ibu Profesional Batam. Alhamdulillah saat itu saya bergabung ke dalam struktur pengurus yang solid, saling mendukung, saling melengkapi, dan akrab seperti saudara sendiri.😊 Saya memilih rumbel bisnis karena saya merasa passion saya di bidang bisnis, saya ingin belajar bersama dengan ibu-ibu anggota IP Batam agar lebih mahir dalam berwirausaha.

Waktu terasa berjalan cepat, hingga terjadi perubahan situasi kepengurusan. Manajer Offline bulan November 2017 mengundurkan diri dari kepengurusan dan IIP. Lalu Ibu Erli menghubungi saya via pesan pribadi, menawarkan saya untuk menjabat sebagai Manajer Offline IP Batam. Awalnya saya ragu dan meminta ijin suami. Namun setelah dapat ijin saya pikir ini waktunya saya mencoba lebih berkontribusi dan bermanfaat bagi komunitas. Di mana saya telah mendapat banyak ilmu dan manfaat dari IIP. Saya ingin turut berpartisipasi memfasilitasi ibu-ibu di Batam untuk belajar bersama.

Untuk saat ini kondisi potensi anggota IP Batam antara lain:

-28 anggota di grup Rumah IIP Batam

-59 anggota di grup Kelas Matrikulasi Batch 5

Dengan total jumlah anggota 87 ibu-ibu kami memiliki rasa optimis akan solid dan bisa maju berkembang bersama. Latar belakang pendidikan yang berbeda-beda serta adat budaya yang beragam menjadikan kami memiliki potensi yang unik, yang bisa digali lebih dalam dan bervariasi.

Untuk Divisi Offline saat ini ada 7 Rumah Belajar:

Rumah Belajar (Rumbel) by Necessity:
🌻 Qur’an Learning Centre IP Batam, penanggung jawab Ibu Resha Nesia.
🌻 Homeschooling, sedang akan merekrut penanggung jawab baru😊

Rumah Belajar by Passion:
🌻 Craft : Annisa IstiQamah
🌻 Menulis: Lubnah Lukman
🌻 Memasak: Safriani
🌻 Bisnis: Evi Krisnawati
🌻 Menjahit: Meylisa Eka Putri

RumBel by passion merupakan tempat bagi member IP belajar dan menambah jam terbang sesuai passionnya.

Dengan ketentuan maksimal 2 RumBel by passion, berlaku untuk pengurus dan member.

yang maksimal 2 hanya RumBel by passion. Boleh ditambah RumBel by necessity.

RumBel by necessity merupakan tempat belajar member IP Batam yang berlandaskan pada kebutuhan untuk ibu/anak, bukan passion.

Saat ini IP Batam PJ Homeschooling sedang membuka lowongan untuk PJ Homeschooling 😊

Berikut video kegiatan Divisi Offline selama bulan Oktober 2017 hingga Januari 2018

Tantangan yang kami rasakan saat ini adalah agak sulitnya mencari penaggung jawab rumbel yang bisa konsisten, tangguh dan loyal. Setelah sebelumnya penanggung jawab rumbel Homeschooling mengundurkan diri, saat ini posisi tersebut belum ada yang menggantikan. Sebenarnya ada beberapa praktisi homeschooling di grup matrikulasi batch 5 Batam dan Kepri, dan rencananya kami akan merekrut anggota dari sana karena di grup Rumah IIP Batam anggotanya terbilang sedikit, beberapa sudah menjadi pengurus dan beberapa lainnya memiliki profesi diranah publik yang padat waktunya. Semoga kami segera mendapatkan PJ rumbel homeschooling yang tepat dan terbaik.aamiin..

Saya berpikir apa anugerah yang telah Allah berikan kepada saya sebagai bakat atau kelebihan dalam diri saya, lalu saya mengira bahwa saya adalah seorang yang berbakat dalam memimpin kelompok, memberi semangat dan menggerakkan kegiatan. Saya senang belajar banyak hal baru dari berbagai guru dan sumber ilmu. Saya juga senang berkegiatan di luar ruangan dan siap mobile mencari ilmu dan saudara baru..πŸ˜ƒ

Saya akan menggunakan bakat tersebut untuk lebih memotivasi teman-teman IP Batam, khususnya pengurus dan pj rumbel. Mengajak untuk lebih menggunakan potensi diri agar lebih bermanfaat dan saling berbagi ilmu.

Perubahan yang ingin saya lakukan pada tahun ini untuk IP Batam adalah antara lain:

✏ Membuat manajemen waktu yang lebih baik untuk pribadi, keluarga, dan komunitas agar lebih adil porsi dan kebermanfaatannya.

✏ Mengatur waktu gadget online yang lebih efektif, termasuk memantau dan merangsang keaktifan grup WA semua rumbel agar lebih memberi dampak manfaat bagi para anggotanya.

✏ Berkolaborasi dengan kordinator wilayah Batam dan Kepri untuk mengadakan Team Building Strategy bagi pengurus agar terbentuk tim pengurus yang lebih solid dan tangguh dalam memfasilitasi ilmu bagi ibu-ibu di Batam dan Kepri.

✏ Menggali saran dan kritik dari anggota IP Batam agar bisa memfasilitasi komunitas lebih baik dalam mencari ilmu.

Demikian tulisan ini saya buat agar menjadi motivasi pribadi saya dan pengingat saya di masa depan agar cita-cita dan harapan saya saat ini bisa terus konsisten dan bisa menjadi lebih baik..aamiin..

Salam sukses πŸ’ͺπŸ˜ƒ

Intan Sulistyosari,

Ibu pembelajar🌼

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s