Aku Si “OTAK KIRI” atau Si “OTAK KANAN” ya??

Mmm…mengawali blog saya ini, saya ingin sekali berbagi uneg-uneg seputar “OTAK MANUSIA”. Saya memang bukan dokter syaraf atau psikolog atau psiater. Saya hanya tertarik akan otak manusia yang memang bisa mengendalikan dunia… Ketertarikan saya berawal sejak Bapak saya mengenalkannya pada kami, anak2nya bahwa proses belajar tiap orang bisa berbeda-beda tergantung bagaimana dia menggunakan otaknya…

Saya pernah membaca sebuah buku (maaf saya lupa judul lengkap dan penulisnya), hal-hal yang saya tangkap dari buku tersebut adalah mengenai otak manusia yg terdiri dari dua belahan, belahan otak kanan dan otak kiri.

Setiap belahan otak (kiri atau kanan) mempunyai fungsi yang berbeda. Setiap individu cenderung mengunakan salah satu belahan yang dominan dalam menyelesaikan masalah hidup dan pekerjaan. Bila otak kanan sedang bekerja maka otak kiri cenderung lebih tenang, demikian pula sebaliknya, namun keduanya terlibat dalam hampir semua proses pemikiran.

FUNGSI OTAK KIRI
pakai logika
orientasi ke detail
berdasarkan fakta
kemampuan bahasa
sekarang dan masa lalu
matematika dan sains
bisa merangkum
mengerti
mengakui
order/persepsi pola
tahu nama obyek
mangacu pada kenyataan
menyusun strategi
praktis
aman
FUNGSI OTAK KANAN
pakai perasaan
orientasi “gambaran keseluruhan
berdasarkan imajinasi
simbol dan gambar
sekarang dan masa depan
filsafat dan agama
bisa “mengerti
percaya
menikmati
persepsi spasial
tahu fungsi obyek
berdasarkan fantasi
memberikan kemungkinan
cepat bereaksi
pengambil risiko

Otak kanan berfungsi dalam hal persamaan, khayalan, kreativitas, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Bila terjadi kerusakan otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi misalnya.

Otak kiri berfungsi dalam hal perbedaan, angka, urutan, tulisan, bahasa, hitungan dan logika. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.

Otak kanan mengendalikan fungsi anggota tubuh sebelah kiri, begitu pula otak kiri mengendalikan fungsi anggota tubuh sebelah kanan. Oleh sebab itu, orang yang terkena penyakit stroke yang menyerang otak kanannya, maka anggota tubuh sebelah kirinya akan lumpuh.

Aktivitas yang kita lakukan dengan menggunakan anggota tubuh sebelah kanan akan membiasakan otak kiri-nya bekerja, misalnya menulis dengan tangan kanan, menendang bola dengan kaki kanan. Sedangkan bagi anak-anak yang kidal, menulis dengan tangan kiri, menendang bola dengan kaki kiri, otak kanan-nya lebih sering berperan.

Nah, di dunia ini hampir semua bentuk tulisan menuntun kita membaca dan menulis dari kiri ke kanan, seperti tulisan Indonesia, Inggris. Kalau tidak salah hanya dua macam tulisan yang dibaca atau ditulis dari kanan ke kiri, yaitu tulisan Arab dan Israel.

Tulisan-tulisan yang dibaca dari kiri ke kanan, ini akan membiasakan pembacanya mendayagunakan otak kiri-nya. Oleh sebab itu di dunia ini, cenderung lebih banyak orang-orang yg lebih menggunakan otak kirinya dibanding otak kanannya…

Gimana caranya supaya seimbang otak kiri dan kanannya, ya sering-seringlah baca Al-Quran… kenapa? Karena tulisan Arab yang dibaca dari kanan ke kiri akan merangsang otak kanan kita untuk bekerja.

Mau tau kira-kira kita dominan menggunakan otak kanan atau kiri? Coba deh genggam kedua tanganmu sehingga masing-masing jarinya bersilangan. Lalu perhatikan JEMPOL tangan kiri atau kanan yang berada di paling atas??

Jika jempol kanan di atas, itu berarti Anda dominan menggunakan OTAK KIRI, sebitu pula sebaliknya..

Ada juga tes yang begini, melihat gambar siluet perempuan berputar. Tes ini saya temukan di banyak blog. Coba perhatikan perempuan ini berputar ke kanan (searah jarum jam) atau ke kiri (berlawanan arah jarum jam)?

Menurut sebuah blog, gambar ini pertama kali muncul di Perth Now news tanggal 26 September kemudian di Herald Sun edisi 9 Oktober.

Wanita ini bisa membuat anda mengabaikan dering telpon, kebakaran kecil, SMS dari kekasih, coklat, hawa dingin. Dan dia takkan membiarkan anda pergi sebelum anda sadar kalau anda telah membuang waktu selama 20 menit dalam usaha sia-sia ingin mengubah arah rotasinya dengan otak anda, komentar penulis di situs Scientific America di atas.

Berdasarkan info di kedua koran Australia itu, “bila anda termasuk tipe otak kanan, anda akan melihat wanita ini berputar menurut arah jarum jam. Sebaliknya kalau anda tipe otak kiri, anda akan melihatnya berputar berlawanan arah dengan jarum jam”.

Namun, saya tidak sependapat dengan hasil tersebut…

Setelah saya coba, pertama saya melihat perempuan tersebut berputar ke kanan. Saya alihkan pandangan saya, saya lihat lagi, masih berputar ke kanan. Lalu saya alihkan lagi pandangan, saya coba lagi, eh perempuan itu berputar ke kiri… dari hasil saya yg cenderung pertama berputar ke kanan, berarti saya cenderung menggunakan otak kanan. Mmm…jawaban yang amat meragukan saya…kenapa?

Karena saya tau saya termasuk orang yang cenderung pemikir otak kiri, bila dites dengan genggaman jari pun, hasilnya cenderung otak kiri… ternyata eh ternyata…tidak hanya saya yang bingung, banyak orang yang telah mencoba tes tersebut, dan sebelumnya ia tau cenderung dominan otak mana malah terheran2 dengan hasil tersebut… dannn saya punya alasannya…

Menurut pendapat saya, jika siluet perempuan tersebut berputar ke kanan (searah jarum jam), gerakan menuju ke kanan, mengindikasikan otak kiri yang berperan. Begitu pula sebaliknya, gerakan siluet berputar ke kiri (berlawanan arah jarum jam), gerakan menuju ke kiri mengindikasikan otak kanan yang berperan

Jika begitu, baru deh hasilnya cocok n sesuai…

Gimana hasilmu? Si otak kiri atau kanan??

Masi banyak yang bakal aku bahas soal “OTAK-OTAK” ini….

Terus simak ya… ^_^

Advertisements

9 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s